CEGUKAN

Setiap orang pasti pernah cegukan (hiccups dalam bahasa Inggris). Gangguan yang bisa disebabkan oleh banyak hal itu telah membangkitkan kreativitas. Cegukan terjadi karena celah suara (syrhinx) tiba-tiba menyempit, sehingga udara masuk terhenti dan terjadi suara yang khas. Biasanya keadaan itu akan berhenti sendiri setelah beberapa menit atau paling lama satu jam.

Apakah cegukan itu?
Di dalam tubuh kita terdapat otot yang disebut diafragma, letaknya di rongga dada persis di bawah paru-paru. Ketika diafragma berkontraksi atau mengerut ke atas, paru-paru mengembang dan kita menghirup napas. Dan ketika diafragma mengendor, paru-paru mengerut dan kita menghembuskan napas.
Dalam cegukan, otot diafragma kita secara tiba-tiba berkontraksi sehingga membuat kita menghirup napas dengan cepat. Aliran udara itu menyebabkan geseran pada bagian atas tenggorokan sebagai ujung dari paru-paru, menimbulkan suara singkat “hik” yang kita sebut cegukan.

Apa yang menyebabkan cegukan?
Cegukan dapat terjadi karena sebab-sebab ini:
- Makan terlalu cepat
- Makan permen karet
- Minum terlalu banyak soda
Bisa juga karena disfungsi di dalam rongga pencernaan.

Mengapa cegukan bisa berlangsung lama?
Otak kita secara otomatis “menyuruh” otot diafragma untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Mengapa begitu? Dokter pun tidak tahu mengapa. Dan anda hanya bisa meminta otak anda menghentikan pesannya itu. Ini adalah salah satu dari misteri tubuh kita. Makan atau minum terlalu banyak atau terlalu cepat dapat menimbulkan cegukan. Kadangkala karena iritasi atau sakit tertentu. Tetapi penyebab terbanyak, tak seorang pun tahu.

Bagaimana menghentikan cegukan?
Berikut beberapa cara menyembuhkan cegukan. Coba saja, siapa tahu bisa sembuh.
- Tarik napas dalam-dalam dan tahan beberapa saat.
- Ambil dan hembuskan napas ke dalam tas kertas. Dengan begitu anda bernapas lagi dengan sebagian gas karbon dioksida (CO2) yang baru dihembuskan.
- Minum segelas air dengan cepat sambil menahan napas.
- Tempelkan es di kedua sisi jakun.
- Minum air hangat perlahan-lahan, makan gula pasir atau menepuk punggung.
- Obat anti cegukan yang dimuat majalah New England Journal of Medicine tahun 1984 berbunyi: Makanlah seiris sitrun yang sudah dicelupkan ke dalam sejenis minuman bernama Angostura. Resep itu berasal dari seorang penjaga bar.

Apakah bayi yang baru lahir bisa cegukan?
Bisa. Dokter menyebutkan bahwa cegukan pada bayi prenatal dapat melatih otot diafragma-nya sebagai persiapan dalam bernafas di udara.

Rekor Cegukan
Seorang penduduk Los Angeles, pernah cegukan selama enam tahun non stop. Selama itu bobot badannya turun, dari 62kg menjadi 33kg. Tidak kurang dari 60.000 orang mengirim nasehat kepadanya. Akhirnya ia sembuh setelah banyak berdoa.
Charles Osborne (Iowa) cegukan setiap 1.5 detik selama 69 tahun sampai Februari 1969. Kemudian tiba-tiba berhenti.