PURNAWIYATA KE VI &

KHOTAMAN AL QUR'AN

Kamis, 25 Mei 2017. SDIT. Mutiara Rahmah bekerja sama dengan komite SDIT Mutiara Rahmah menggelar acara purnawiyata kelas 6 tahun ajaran 2016-2017 yang sekaligus dirangkai dengan khotaman Al Qur'an metode UMMI untuk siswa-siswi yang sudah mengikuti proses munaqosah. acara ini diselenggarakan di Hotel Sagita Balikpapan di Aula Garuda mulai pukul 08.00 s/d 13.00 WITA,

Bertindak Sebagai MC. Ustadzah Jamilah dan Ust. Chouruddin membuka acara dengan salam yang menggema dan penuh semangat. keduanya terlihat sangat serasi dan kompak dalam memandu satu demi satu tahapan acara dalam purnawiyata dan khotaman SDIT. Mutiara Rahmah ini dan mengantarkan acara ini sampai puncak dengan penuh hikmat.

Acara diawali dengan penampilan siswa dan siswi kelas IV dan VI, kelas V menampilan nasyid berjudul "Ibu" dan kelas V menampilkan nasyid yang berjudul " Man Sholla/ Man Jadda Wajada". Kedua tampilan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para orang tua siswa yang memadati Aula Garuda Hotel Sagita, mereka sangat kagum dengan suara dan kepiawaian anak anak dalam membawakan kedua lagu tersebut selain isi atau syair dari kedua lagu itu yang sangat menyentuh dan inspiratif.

Salah satu acara inti dari rangkaian acara purnawiyata ini adalah Khotaman Al qur'an dan Uji Publik. acara ini dipandu oleh ketua UMMI Balikpapan yaitu Ust. Abdul Malik. dalam sesi ini setiap anak berkesempatan untuk diuji secara langsung kemmpuan Tartil Qur'an, Ghorib, dan Tajwidnya. Alhamdulillah Nadia Kelas IV, Az Zahrahani, Azka, Serta Muhammad Ehad Labieb kelas VI terpilih secara acak melalui undian yang dipilih oleh para pejabat yang menghadiri undangan untuk diuji publik. dan subhanallah mereka mampu menjawab semua pertanyaan yang di tujukan kepada mereka baik Ghorib maupun Tajwid,  dan tidak hanya itu bacaan Al Qur'an yang mereka bacakan sungguh sangat tartil dan indah sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu Al qur'an sehingga menggugah decak kagum dari para tamu undangan dan para orangtua yang hadir.

Salah satu decak kagum itu disampaikan langsung oleh Camat Balikpapan Kota yang ketika itu datang sebagai wakil dari bapak Walikota Balikpapan, dalam sambutanya beliau sampaikan kagum dan syukur mendengar bacaan dan kompetensi Al Qur'an yang dimiliki para wisudawan, bahkan beliau merasa iri karena tidak bisa seperti mereka bacaan Qur'anya. Rasa syukur juga beliau sampaikan karena sudah ada sekolah yang berkualitas seperti SDIT. Mutiara Rahmah di Balikpapan karena sepengatahuan beliau sekolah islam yang berkualitas itu di Jakarta hanyalah Al Azar. sesi khotaman dan uji publik ini ditutup dengan pembacaan ikrar wisudawan dan lagu mars Sekolah Qur'an dan Sains  (SQS)

Acara purnawiyata ini diakhiri dengan prosesi wisudah dan salam ta'dhim kepada orangtua dan guru, satu persatu dari mereka dipanggil namanya dan diwisuda oleh para pejabat yang datang, dan yang unik dari sesi ini adalah profil dari para wisudawan yang biasanya berupa foto dan tulisan, kali ini berupa video sehingga para wisudawan secara live menyampaikan profil dirinya dan cita cita yang ingin dicapainya.

Sesi ini sekaligus menyudahi kebersamaan mereka bersama guru-guru mereka yang sudah menemani belajar mereka selama 6 tahun wal hasil saat salam ta'dhim air matapun tak terbendung lagi suasana haru menyelimuti seluruh ruangan tak terasa air mata membasahi pipi para wisudawan, guru, dan orang tua karena mereka akan berpisah tak lagi bisa berkumpul dan belajar bersama tawa tawa riang dan keusilan diantara mereka akan menjadi kenangan. dalam air mata yang berlinang itulah terbesit do'a dalam sanubari para guru serta pesan yang dibisikkan saat mereka salim dan memeluk, "anak anakku dimanapun engkau berada jadilah anak yang sholeh, rajin belajar selalu patuhi guru dan orang tuamu maafkan bapak dan ibu guru kalau tampa sengaja pernah menyakitimu.. anak anakmu jalan menuju cita-citamu takkan mudah tapi jangan pernah menyerah yakinlah Allah akan senantiasa menolong hambanya yang memiliki keinginan kuat dalam kebaikan.

FOTO FOTO WISUDA (Open link in new tab)